Kamis, 17 September 2015

Inikah Cinta Itu



Inikah  Cinta Itu ?
                                                                  
Apakah aku mencintaimu ?
Entahlah, aku tak pernah mengerti apa itu CINTA.
Aku tak pernah ingin mengenal kosa kata aneh itu.
Bukan karena aku tak memilikinya
Tapi, ada satu hal yang selalu tak bisa kujelaskan
Jalan pikiranku memang selalu berbeda dengan kalian.

Aku bukanlah pengejar cinta
Aku tak pernah mencari dimana cintaku bersembunyi
Apakah dibalik kabut atau tertutupi cahaya senja yang mulai meredup ?
Entahlah, aku terlalu acuh dengan keberadaannya.

Marahkah dia padaku ?
Entahlah, aku tak pernah bertanya apa yang dia rasakan tentang acuhku.
Karena kami tak pernah bertemu,
Bahkan hanya untuk saling melirik atau saling memberi  segaris senyum bulan sabit diantara kami.
Tidak !! Ya memang tidak.

Bencikah dia padaku ?
Aku rasa tidak.
Dia selalu berusaha menemuiku
Namun selalu saja aku,
Kembali berbalik arah saat aku melihatnya
Menungguku dipersimpangan jalan
Dengan tatap sejuknya dan senyum surganya
Namun sekali lagi aku acuh.
Yang hanya dengan mudah berbalik arah
Tanpa kutinggalkan satu garis senyum
Atau satu lirikan dan kedipan mata
Tanda isyarat padanya

Tapi, dunia ini seakan berubah 180
Ya, benar - benar berubah.
Saat aku tak sengaja terperangkap dalam jebaknya  yang sengaja dia buat untuk menemuiku.
Kutatap matanya, dalam dan sangat dalam
Kulihat ada sesuatu yang berbeda yang belum pernah kulihat  sebelumnya
Indah dan sangat indah, aku ingin tinggal didalamnya.
Ya, aku benar – benar ingin selalu ada bersamanya
Kemudian aku pergi menelusuri lebih dalam,
Lagi – lagi kutemui sebuah ruang.
Tapi, ini berbeda benar – benar sangat berbeda.
Ruangan ini sangat gelap, kusam dan tidak beraturan.

Namun, lagi – lagi aku acuh
Bukan karena aku tak ingin menemuinya
Tapi, karena aku sudah terlalu terlena dengan kata manis yang disebut cinta.
Dan karena aku terlalu angkuh, yang merassa takkan menemuinya dan merasakannya.

Tapi, ternyata tidak
Ruang manis dan ruang gelap itu adalah satu ruang yang tak dapat dipisahkan.
Hanya tersekat oleh selaput tipis yang tak terlihat
Ya, benar – benar tipis
Mungkin setipis helai rambut atau setipis kabut

Akhirnya, aku pun memasuki ruang gelap itu
Saat aku sudah sangat nyaman dan tak ingin kehilangan cintanya
Namun, cinta membawa ku pergi
Memberi tahuku, cinta yang lainnya.
Berusaha memberitahuku, bahwa ini juga aku
Ini juga yang disebut cinta.
Aku benar – benar tak percaya dengan apa yang ia katakan dan jelaskan.

Aku jatuh, aku terpuruk, aku hancur.
Aku menyesal percaya dengan kata – kata manis buaiannya
Aku menyesal dengan angkuhku
Aku menyesal dengan egoku
Aku benci dengan cintanya
Cintanya yang telah membuangku

Inikah cinta yang dulu,
Cinta yang selalu setia menungguku dipersimpangan jalan
Cinta yang tak pernah marah jika aku mengacuhkannya
Inikah yang disebut cinta
Yang pergi,
Saat aku berusaha megenggam erat tangannya
Saat aku tak ingin kehilangannya
Saat aku tak ingin keluar dari kehidupannya
Saat nafas, dan hidupnya adalah nafas dan kehidupanku
Inikah cinta yang setia nan abadi
Yang tega pergi meninggalkanku sendiri
Dalam gelap keterpurukan diantara dinginnya malam
Dimana cinta yang dulu mampu menghangatkan ?
Kemana dia pergi ?
Acuhkah dia sekarang terhadap sosok yang pernah menjadi pujaanya?
Angkuhkah dia terhadap sosok yang dulu dia kejar dan selalu menjadi mimpi indah dalam hidupnya ?
                                                                    
Benarkah ini yang selalu mereka bilang cinta sejati ? Entahlah, saat aku bertanya hanya kata “ tidak “ yang aku dengarkan atau terkadang ada yang menjawab “ bukan “ atau sesekali ada yang memberitahuku bahwa cinta itu bukanlah cinta milikku.
Sudahlah, cinta mungkin terlalu rumit untuk dimengerti.
Biar waktu yang akan memberitahuku. Tentang arti dan hikayat dari sebuah cinta yang sebenarnya.
Maharani.17 September 2015

                                                                                                          

1 komentar: